Nasional

Rakernas SMSI 2024 Resmi Dibuka oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, Bahas Peran Media dalam Penegakan Hukum

Jakarta Iniklik.com– Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) 2024 yang dilaksanakan di Hotel Jayakarta Jalan Hayam Wuruk Jakarta Barat dibuka langsung oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, Selasa (30/7/2024).

Dalam momen tersebut, Ninik Rahayu mengomentari tema Rakernas SMSI 2024, yakni ‘Mengawal Kabinet Baru Dengan Penegakan Hukum’. Menurut Ninik, SMSI tidak boleh hanya mengawal saja, namun wajib mengawasi dan mengontrol jalannya pemerintahan, termasuk dalam penegakan hukum.

“Kalau mengawal, itu hanya ikut di belakang. Saya minta SMSI konsisten dalam memberikan informasi yang benar kepada masyarakat Indonesia, sebagai bagian dari pers juga wajib menjalankan profesi dengan profesional, sehingga SMSI atau media yang tergabung di SMSI tidak hanya jadi corong informasi tapi juga menjalankan tugas dan fungsi pers dalam hal kontrol sosial,” tegas Ninik.

Gelaran Rakernas yang dilaksankan sampai tanggal 1 Agustus 2024 mendatang ini, diisi juga dengan diskusi panel dengan pembicara Taufiequrachman Ruki yang merupakan Mantan Ketua KPK RI dan Benny Jozua Mamoto yang merupakan Ketua Harian Kompolnas.

Menurut Taufiequrachman, SMSI kini telah menjadi pilar penting dalam penegakan supremasi hukum. Sebab, lewat media sudah banyak kasus-kasus yang selama ini mungkin mandek dan lamban diproses, malah menjadi perhatian publik dan menemukan kepastian hukum.

“Tentu hadir SMSI sangat membantu penegakan hukum,” kata dia.

Sementara Benny dalam diskusinya, memberikan apresiasi tinggi terhadap media, sebab pihaknya yang kini dipercaya mengawasi institusi Polri sangat terbantu oleh informasi-informasi, terutama lewat media online.

“Jika ada pejabat dalam suatu lembaga yang enggan bermitra dengan wartawan. Itu kerugian tersendiri, sebab saya merasakan hadirnya jurnalis sebagai mitra lembaga sangat membantu kami,” ujar Benny.

Pembukaan Rakernas kali ini, diketahui sejumlah tokoh mendapatkan penghargaan sebagai Sahabat Pers yang diserahkan langsung oleh Ketua SMSI, Firdaus, termasuk salah satunya dari Sumatera, yakni Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan berkat dukungannya terhadap pers dan kerja jurnalistik di daerahnya.

Bahkan, Presiden RI terpilih, H. Prabowo Subianto mendapatkan pin emas dari SMSI, hal ini berkat sinergitas Prabowo dengan media selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI. (Red)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button