PALI

Wartawan PALI Pertanyakan Bimtek Jurnalistik Tanpa Pelibatan Media

PALI, Iniklik.com- Puluhan wartawan dari berbagai perusahaan media mendatangi kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostafer) Kabupaten PALI.

Mereka mempertanyakan penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di Hotel Zuri, Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin (21/10/2024) pukul 14.30 WIB.

Enggie Brama Nova Ab, perwakilan dari salah satu media yang bertugas di Kabupaten PALI, menyampaikan kekecewaannya karena acara Bimtek Jurnalistik tersebut justru diikuti oleh peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bukan wartawan.

“Aneh rasanya, kegiatan yang disebut Bimtek Jurnalistik di Palembang ini tidak melibatkan wartawan, padahal seharusnya mereka yang dilibatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan jurnalistik,” ungkapnya.

Enggie juga mempertanyakan alasan pelaksanaan Bimtek di luar Kabupaten PALI. Menurutnya, banyak tempat di PALI yang bisa digunakan sebagai lokasi acara tersebut.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati PALI, Drs. Soemarjono, saat dikonfirmasi menyatakan akan menanyakan langsung kepada pihak Diskominfostafer terkait tujuan kegiatan dan peserta yang terlibat.

“Saya akan cek lebih lanjut terkait kegiatan ini dan siapa saja yang terlibat,” ujarnya singkat.

Saat para wartawan mendatangi kantor Diskominfostafer, hanya beberapa pegawai yang ada, karena sebagian besar berada di Palembang untuk mengikuti Bimtek tersebut.

Kepala Diskominfostafer Kabupaten PALI, Khairiman, saat dihubungi melalui WhatsApp, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang jurnalistik, mulai dari public speaking, teknik menulis, hingga teknis pemberitaan.

“Kegiatan ini diikuti oleh staf pengelola media di masing-masing OPD,” jelasnya.

Bimtek Jurnalistik ini dilaksanakan selama tiga hari, dari 21 hingga 23 Oktober 2024, di Hotel The Zuri, Palembang.

 

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button