PALI

Sigap dan Kolaboratif, Pertamina EP Pendopo Field Tangani Kerusakan Pipa Trunk Line dengan Kejelian

PALI, Iniklik.com_ Pada Kamis (18/04/2024), Kontraktor Kontrak Kerjasama KKKS PT Pertamina EP Pendopo Field menunjukkan ketanggapannya ketika terjadi kerusakan pada pipa trunk line 8 inch di segmen IV jalur Booster Talang Akar – Pengabuan.

 

Kejadian ini terdeteksi pada pukul 09.43 WIB oleh line checker yang segera melaporkan indikasi kebocoran tersebut.

 

Tim penanggulangan insiden lingkungan dan operator Talang Akar merespons dengan cepat, menghentikan pemompaan sementara untuk melakukan perbaikan.

 

Dalam waktu singkat, pemasangan clamp pada dua titik yang mengalami kerusakan berhasil diselesaikan pada pukul 11.17 WIB.

 

Sementara itu, tim HSSE juga turut berperan dalam mengendalikan dampak lingkungan dengan melakukan pembersihan area terdampak dan penyedotan menggunakan unit vacuum truck.

 

Tuti Dwi Patmayanti, Head Of ComRel & CID Zona 4, mengapresiasi upaya maksimal tim penanggulangan insiden lingkungan dalam menangani kerusakan tersebut.

 

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berupaya melakukan penanganan dengan sangat maksimal sehingga kerusakan tersebut dapat segera teratasi”. Ucap tuti pada Rabu (24/04/2024).

 

Dia juga menyoroti temuan lapangan yang mengindikasikan adanya sabotase, dan mengingatkan pentingnya menjaga keamanan fasilitas produksi sebagai Objek Vital Nasional.

 

“PT Pertamina EP Pendopo Field terus berkomitmen dalam kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, kepolisian, TNI, lembaga, dan masyarakat, untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan di fasilitas produksi,” Ungkapnya

 

Hal ini sejalan dengan upaya menjaga stabilitas ekonomi, peningkatan Dana Bagi Hasil (DBH) bagi daerah penghasil Migas, serta mempertahankan ketahanan energi dengan memperhatikan aspek sosial dan lingkungan sekitar.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button