Nasional

PT Bukit Asam Raih 2 Penghargaan Prestisius di Bina Mitra UMKM Award 2024

Jakarta, Iniklik.com_ PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sukses meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Bina Mitra UMKM Award 2024 di Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Kedua penghargaan tersebut adalah kategori Perusahaan Pembina (Gold) dan Program UKM dan IKM Binaan (Gold).

Penghargaan ini diberikan atas kontribusi signifikan PTBA dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk, Niko Chandra, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas apresiasi yang diterima.

“Penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi PTBA, sekaligus menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui pengembangan UMKM yang memperluas lapangan kerja serta memperkuat struktur perekonomian. Sebagai anggota Grup MIND ID, kami senantiasa mengedepankan pertambangan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Niko.

Sejak 1992 hingga 2022, PTBA telah melakukan berbagai upaya pendampingan dan pembinaan UMKM di sekitar wilayah operasi perusahaan, termasuk menyediakan peminjaman dana yang kini dialihkan melalui kerja sama dengan BRI.

Selain itu, PTBA juga meningkatkan mutu produk UMKM binaan melalui peningkatan kualitas kemasan, bantuan alat produksi, serta memperluas akses pasar melalui pelatihan dan kerja sama dengan PaDi UMKM dan platform e-commerce lainnya.

Untuk meningkatkan penjualan produk UMKM, PTBA memberikan pelatihan foto produk, marketing online, dan promosi, serta sering melibatkan UMKM dalam pameran di tingkat lokal hingga internasional.

PTBA juga membangun Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) dan Rumah BUMN sebagai wadah bagi UMKM untuk memasarkan produk-produk mereka.

Salah satu contoh sukses adalah SIBA Songket, UMKM binaan PTBA yang berhasil memberdayakan ibu rumah tangga di Desa Lingga dalam produksi kerajinan songket sejak 2016.

Sepanjang 2023, PTBA telah menggelar 42 pelatihan, mengikutsertakan UMKM binaan ke 20 pameran dan bazar, mengadakan 3 kali magang dan site visit, serta memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada 10 UMKM binaan.

Hasilnya, sebanyak 240 UMKM binaan berhasil naik kelas pada 2023.

Dengan komitmen dan dedikasi yang kuat, PT Bukit Asam Tbk terus menjadi pilar penting dalam pengembangan UMKM di Indonesia, menguatkan ekonomi lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button