PALI

Kesiapan Menjelang Pemilu, Bupati PALI Hadiri Pelantikan Petugas Pengawas TPS

PALI, Iniklik.com_ Bupati PALI, H. Heri Amalindo, memberikan simbol kesiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dengan memberikan rompi ‘perang’ kepada anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Aksi simbolis ini terjadi saat pelantikan petugas pengawas TPS kecamatan Talang Ubi pada Senin, 22 Januari 2024, di Gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo.

Dengan tindakan ini, Bupati Heri Amalindo secara simbolis mengisyaratkan kesiapan anggota PTPS dalam mengawasi proses pemungutan suara Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024 mendatang.

Selain memberikan rompi, Bupati PALI juga memberikan pesan kepada anggota PTPS terkait pentingnya berkoordinasi dengan instansi terkait saat menghadapi permasalahan di lapangan.

“Cepat selesaikan ketika ada masalah di lapangan, jangan bertindak sendiri tapi berkoordinasilah dengan Bawaslu atau Panwaslu Kecamatan,” pesan Bupati.

Ia juga menekankan agar anggota PTPS tidak terlibat dalam kampanye politik, mengingat peran mereka sebagai pengawas.

“Bupati menegaskan agar anggota PTPS menjalankan amanah sesuai tugas dan fungsi. Tadi anda sudah disumpah, itu harus dijalankan dan pegang teguh azas Pemilu yakni Luber dan Jurdil,” tandasnya.

Bupati juga berharap agar PTPS dapat bersinergi dengan KPPS di lapangan untuk suksesnya Pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti, menyebut bahwa tugas PTPS tidak ringan. “Mulai saat ini, jiwa dan raga PTPS separuhnya milik Bawaslu. Jaga Pemilu 2024 sesuai perUndang-Undangan karena tugas anda tidak ringan,” ungkapnya.

Lestrianti juga menekankan agar PTPS bekerja penuh waktu, menjaga demokrasi, dan tidak hanya berada di TPS pada saat pemungutan suara.

“Ujung tombak demokrasi ada di bahu PTPS, jangan datang lalu pergi, tapi bekerja penuh waktu kecuali sakit, tidak ada alasan meninggalkan TPS sebelum proses Pemilu selesai,” tegasnya.

Lestrianti menekankan bahwa PTPS memiliki kontribusi penting dalam memastikan proses pemungutan suara berjalan jujur dan adil, serta menjaga ketenangan selama masa tenang Pemilu.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button