PALI

Polsek Tanah Abang Lakukan Sidak Pemantauan Harga Barang Pokok Dipasar Kalangan

PALI, Iniklik.com_ Polsek Tanah Abang Lakukan sidak Pemantauan Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting bersama Forkopimda dalam rangka pemantauan ketersediaan dan keamaan pangan serta stabilisasi harga bahan pokok dan barang penting lainnya.

Kegiatan dilakukan Pada hari Selasa 14 November 2023 sekira pukul 10.00 Wib bertempat di Pasar Kalangan Tanah Abang Utara Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Turut hadiri dalam giat tersebut Dinas Perikanan diwakili Staf Raiki Maidaki,  Dinas Ketahanan Pangan diwakili Staf Fandi Agus, Dinas Perhubungan diwakili Kabid Lalu Lintas Zulkopli, Dinas Pol PP diwakili Kabid Perda Dedi Martono, Dinas Perekonomian dan SDA diwakili Staf Ekonomi Andre A.T.P, Kepala UPTD Pasar Tanah Abang Erliadi, Camat Tanah Abang diwakili Kasi Ekobang  Nopa Yana, Kapolsek Tanah Abang IPTU DARMAWANSYAH, SH.MH beserta Unit Intelkam Polsek Tanah Abang, P.S. Kanit II Ekonomi Polres PALI BRIPKA BAYU OCTA P S.H,  OPTD yang terkait.

Kapolsek Tanah Abang IPTU Darmawansyah, SH.MH menyampaikan Kegiatan sidak dan monitoring gabungan yang dilakukan Pemkab PALI dan dinas terkait guna mengetahui harga dan stok Bahan pokok.

IPTU Darmawansyah, SH.MH mengatakan Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengecekan harga bahan pokok dan mendeteksi jumlah stok dan Tim juga melaksanakan giat pembagian timbangan kepada seluruh pedagang Pasar Tanah Abang berjumlah 49 Unit.

Adapun hasil pengecekan Harga Bapokting di Pasar Tanah Abang Utara di dapatkan hasil Sebagai berikut

a. BERAS
– Beras Premium Rp. 12.500,- / Kg
– Beras Medium Rp. 12.000,- / Kg
(stok cukup dan harga stabil).

b. GULA PASIR
– Merk Rosebrand Rp. 14.000,- / Kg.
– Merk PSM Rp. 14.000,- / Kg.
– Biasa Rp. 13.500,- / Kg.
(stok cukup dan harga stabil).

c. DAGING
– Sapi Rp. 130.000,- / Kg
– Ayam Boiler Rp. 35.000,- / Kg
(stok cukup dan harga stabil).

d. TELUR AYAM
– Telur ayam Rp. 27.000,- / Kg
(stok cukup dan harga stabil).

e. CABE
– Cabe Merah Rp. 75.000,- / Kg.
– Cabe Rawit Rp. 80.000,- / Kg.
(stok cukup dan harga stabil).

f. BAWANG
– Bawang Merah Rp. 25.000,- / Kg.
– Bawang Putih Rp. 30.000,- / Kg.
(stok cukup dan harga stabil).

g. MINYAK GORENG
– Merk Fortune Rp. 17.000,- / Liter.
– Merk Tawon Rp. 16.000,- / 900 ml.
– Minyak Curah : Rp. 16.000,- / Kg.
(stok cukup dan harga stabil).

h. TEPUNG TERIGU KEMASAN
– Merk Segitiga Biru Rp. 13.000,- / Kg.
– Merk Mila Biru Rp. 12.000,- / Kg.
– Merk Tulip Rp. 11.000,- / Kg.
(stok cukup dan harga stabil).

i. GARAM BERYODIUM
– Kasar 300 gram RP. 2.500,- / Bungkus
– Halus 150 gram Rp. 1.500,- / Bungkus
(stok cukup dan harga stabil).

j. SUSU
– Merk Bendera Rp. 12.000,- / Kaleng
– Merk Enak Rp. 11.000,- / Kaleng
(stok cukup dan harga stabil).

Dari Hasil monitoring situasi dipasar Kalangan Tanah Abang Utara saat ini mulai ramai dimana konsumen/ibu-ibu mulai berbelanja kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Aktivitas pedagang di Pasar Kalangan Tanah Abang Utara berjalan seperti biasa dan untuk kebutuhan sembako khususnya di Pasar Kalangan Tanah Abang Utara masih terpantau cukup, belum ada kelangkaan dan harga kebutuhan bahan pokok masih relatif stabil namun terdapat harga cabai yang mengalami kenaikan,” ucapnya

Lanjut Kapolsek, Beberapa jenis komoditas kebutuhan bahan pokok penting yang diprediksi akan mengalami terus mengalami kenaikan harga yang signifikan menjelang hari raya Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024 adalah daging sapi, daging ayam, bawang merah, bawang putih dan komoditas cabai.

“Antisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok seperti bawang dan cabai mengingat bahan pokok tersebut sangat bergantung pada cuaca, yang apabila musim penghujan dapat mengakibatkan gagal panen sehingga menyebabkan stok terbatas dan mengalami kenaikkan harga,” ujarnya

IPTU Darmawansyah menjelaskan Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga, perlu terus dilakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan dan Tim TPID ( Tim Pengendalian Inflasi Daerah ) Kabupaten PALI untuk memantau harga dan stok bapokting diwilayah Kabupaten Pali

“Untuk saat ini belum terjadi kenaikan harga Sembako yang signifikan dan untuk stok masih mencukupi serta harga masih relatif stabil,” tuturnya

Kegiatan Pengecekan harga Bapokting serta Ketersediaan Stok Bapokting selesai dilaksanakan pukul 11.00 Wib dalam keadaan aman dan kondusif.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button