PALI

Polsek Penukal Abab Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilihan: Fokus pada Netralitas ASN, TNI, dan Polri

PALI Iniklik.com– Panwaslu Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI, menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan secara tatap muka di Gedung Serba Guna Arya Gayab, Desa Babat, Kecamatan Penukal, Pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Acara ini digelar dengan tema “Netralitas ASN, TNI, dan Polri Serta Isu-Isu Negatif dalam Tahapan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Bupati, dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2024”.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari berbagai lembaga terkait, termasuk Kanit Intel Polsek Penukal Abab, Aipda Rudi Hartono, S.H., yang mewakili PLH Kapolsek Penukal Abab AKP Ardiansyah, S.H., serta perwakilan dari TNI, Bawaslu, KPU, dan Kejari Kabupaten PALI.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman mengenai pentingnya netralitas aparat negara dalam tahapan pemilihan, khususnya di kalangan ASN, TNI, dan Polri.

PLH Kapolsek Penukal Abab AKP Ardiansyah SH melalui Aipda Rudi Hartono menekankan bahwa netralitas adalah kunci dalam menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilihan.

“Netralitas ASN, TNI, dan Polri sangat penting agar tidak memihak pada salah satu pasangan calon, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Rudi.

Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk mencegah potensi pelanggaran yang mungkin terjadi selama kampanye dan pemilihan serentak 2024.

Panwaslu menjelaskan aturan-aturan yang mengatur netralitas ASN berdasarkan Undang-Undang Pilkada serta Undang-Undang ASN, TNI, dan Polri. Anggota Polri, misalnya, diatur dalam UU No. 2 Tahun 2002 yang melarang mereka untuk memilih atau dipilih dalam pemilu, serta menugaskan Polri untuk menjaga keamanan selama Pilkada.

Kegiatan ini berakhir pukul 16.00 WIB dengan aman dan tertib, diharapkan mampu mengurangi potensi kerawanan, terutama terkait pelanggaran netralitas ASN, TNI, dan Polri selama Pilkada berlangsung.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan semua pihak yang terlibat dapat semakin memahami peran dan tanggung jawab mereka, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Pali dapat berjalan dengan adil, aman, dan kondusif.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button