Palembang

Polda Sumsel Gelar Upacara Penghormatan Pahlawan Menjelang Hari Bhayangkara ke-78

Palembang,Iniklik.com _ Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) bersama jajarannya menggelar upacara penghormatan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Senin (24/06/2024).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, dihadiri oleh pejabat utama, perwira menengah, dan anggota lainnya.

Dalam suasana yang penuh khidmat, Kapolda Sumsel memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan mengucapkan, “Kepada arwah para pahlawan, hormaaat gerak.” Upacara ini menjadi momen penting untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela negara.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto menjelaskan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Bhayangkara, yang jatuh pada 1 Juli.

“Bapak Kapolda memimpin upacara ziarah di TMP Ksatria Ksetra Siguntang, sementara Bapak Wakapolda memimpin upacara ziarah tabur bunga di dermaga Polairud,” ujar Sunarto.

Selain upacara penghormatan, rombongan Kapolda Sumsel juga menggelar doa bersama untuk arwah para pahlawan, sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Dengan mengenang jasa para pahlawan, semoga Polri dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” tambahnya.

Secara terpisah, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK MSi memimpin upacara tabur bunga di perairan Sungai Musi, dari dermaga markas komando Direktorat Polairud Polda Sumsel.

Upacara ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang gugur di perairan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pengarungan, dan penaburan bunga di perairan.

Upacara ziarah serupa juga dilaksanakan serentak oleh seluruh Polres jajaran Polda Sumsel, dipimpin oleh masing-masing Kapolres.

“Untuk tingkat Polres, seluruhnya juga melaksanakan secara serentak hari ini,” tutup Sunarto.

Dengan kegiatan ini, Polda Sumsel berharap dapat menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan anggotanya dan memperkokoh tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

(Del)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button