Prabumulih

Pertamina EP Prabumulih Tingkatkan Produksi Minyak Hingga 9.000 BOPD di Pertengahan 2024

Prabumulih ,Iniklik.com_ Dalam upaya memenuhi target energi nasional, Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field mencatatkan kinerja positif di pertengahan tahun 2024.

Keberhasilan ini ditandai dengan peningkatan produksi minyak melalui Workover sumur GNK-82 dan Well Intervention sumur GNK-071 yang terletak di Desa Gunung Kemala, Kecamatan Prabumulih Barat, Prabumulih, Sumatera Selatan.

Sumur GNK-82 mulai berproduksi pada 14 Mei 2024 setelah pekerjaan rig selama 14 hari. Sedangkan, sumur GNK-071 mulai berproduksi pada 17 Mei 2024 dengan durasi rig yang sama.

Kedua sumur ini berhasil menaikkan produksi minyak Prabumulih Field hingga mencapai 9.000 barel minyak per hari (BOPD) dari sebelumnya sekitar 8.000 BOPD.

Peningkatan ini juga didukung oleh kontribusi sumur lainnya dan upaya debottlenecking fasilitas produksi.

Senior Manager Prabumulih Field, Muhammad Luthfi Ferdiansyah, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan tim yang telah mencapai hasil produksi di atas target.

“Alhamdulillah, dengan kerja sama antar fungsi yang solid dan dukungan para pemangku kepentingan, kami mampu mengoptimalkan potensi di wilayah kerja kami,” ujarnya.

Selain peningkatan produksi minyak, PEP Prabumulih Field juga melihat potensi kenaikan penjualan gas dari sumur Well Intervention lainnya, seperti GNK-061 dan sumur pengeboran TLJ-253.

Kedua sumur ini, yang selesai dikerjakan pada Mei 2024, memiliki potensi produksi masing-masing hingga 3,5 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Peluang ini diharapkan terealisasi di awal semester kedua tahun 2024, dengan fokus pada penyediaan fasilitas penunjang.

Dalam rangka mencapai ketahanan energi dan target 1 juta barel pada tahun 2030, PEP Prabumulih Field telah mencatatkan produksi minyak sebesar 8.987 BOPD dan gas 114,74 MMSCFD per 20 Juni 2024.

(Del)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button