Muara Enim

Desa Air Talas Bersinar di Kancah Nasional: Sinergi Masyarakat, Pemerintah, dan Pertamina Hulu Rokan Zona 4

Muaraenim, Iniklik.com_ Desa Air Talas, yang terletak di Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muara Enim, kini menjadi sorotan nasional berkat sinergi luar biasa antara masyarakat, pemerintah, dan Pertamina Hulu Rokan Zona 4.

 

Desa ini berhasil meraih penghargaan nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada akhir tahun lalu.

 

Pada Selasa (21/5/2024), Desa Air Talas menjadi tuan rumah Field Trip Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel, yang didukung oleh SKK Migas Sumbagsel.

 

Ketua FJM Sumsel, H. Oktaf Riyadi, SH, mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas Sumbagsel atas dukungan konsisten terhadap kegiatan jurnalistik mereka, serta kepada Pertamina Hulu Rokan Zona 4 dan pemerintah setempat atas sambutan hangatnya.

 

“Kami di FJM Sumsel terus berupaya menyampaikan informasi mengenai perkembangan industri minyak di Sumatera Selatan,” ujar Oktaf Riyadi dalam sambutannya di Aula Desa Air Talas.

 

Desa Air Talas, yang merupakan wilayah kerja SKK Migas Sumbagsel, telah diapresiasi atas prestasinya.

 

Selain menjadi lokasi produksi minyak, desa ini juga mendapat dampak positif dari berbagai kegiatan sosial seperti binaan perkebunan jeruk, pengolahan limbah jeruk, program Anggrek Dewata, dan kegiatan sosial lainnya.

 

Camat Rambang Dangku, Fredy Febriansyah, menyambut kedatangan jurnalis FJM Sumsel dan berharap kunjungan ini dapat memperkenalkan Desa Air Talas sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatera Selatan, terkenal dengan buah jeruknya yang akan segera memasuki masa panen.

 

Senior Manager Pertamina Hulu Rokan Zona 4, Bonus S. Yogasana, menjelaskan bahwa Desa Air Talas adalah desa binaan dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan menjadi lokasi program CSR PEP Limau Field.

 

Program ini fokus pada budidaya jeruk siam dan pengolahan jeruk menjadi berbagai produk, dengan inovasi pengendalian hama menggunakan fungisida trichoderma. Berkat upaya ini, Desa Air Talas meraih penghargaan emas dari KLHK RI.

 

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe’i Syafri, menyatakan bahwa Program Field Trip FJM Sumsel adalah agenda tahunan penting untuk membangun pemahaman lebih baik dalam industri hulu migas, serta mempererat silaturahmi dan diskusi konstruktif antara industri hulu migas dan jurnalis.

 

Di era informasi yang cepat ini, kolaborasi yang baik dengan jurnalis sangat penting untuk memastikan informasi yang akurat sampai ke publik. Desa Air Talas, dengan prestasinya, menjadi contoh sinergi yang sukses antara masyarakat, pemerintah, dan industri.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button