PALI

Optimalisasi Proses Pilkada 2024, Prioritas Moral dan Profesionalisme dalam Rekrutmen Lembaga Adhoc

PALI, Iniklik.com_ Proses Tahapan Pilkada Tahun 2024 telah dimulai, mengikuti jejak Tahapan Pemilu 2024 yang lalu dengan segala permasalahannya.

 

Evaluasi kinerja KPU Republik Indonesia, termasuk lembaga adhoc, sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2024 mengenai pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara.

 

Harapan besar agar proses, pelayanan, dan pelaksanaan tahapan pilkada menjadi lebih optimal dan baik.

 

Dalam konteks ini, pengumuman rekrutmen lembaga adhoc oleh KPU Kabupaten Pali menjadi sorotan.

 

Kordinator APD Kabupaten PALI Basrul S.AP Akademi Pemilu dan Demokrasi PALI mengharapkan KPU tidak hanya mematuhi pedoman dan peraturan yang ada, namun juga memprioritaskan moral, etika, pengalaman, kecakapan, profesionalisme, dan tanggung jawab saat menyeleksi calon anggota adhoc.

 

Hal ini diharapkan dapat meminimalisir permasalahan dalam proses dan tahapan pilkada.

 

“Sebagai catatan, peristiwa pilkada Tahun 2020 di kabupaten PALI yang berakhir dengan putusan Mahkamah Konstitusi menunjukkan pentingnya ketelitian dan profesionalisme jajaran KPPS dalam menjalankan prosedur pemungutan suara,” ujarnya Senin (06/05/2024).

 

Harapan semua pihak, terutama masyarakat kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, adalah agar KPU kabupaten Pali mampu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dengan baik di setiap tahapannya.

 

“Pengalaman, kecakapan, profesionalisme, dan tanggung jawab menjadi poin penting dalam menjaring calon anggota adhoc.,” harapnya

 

Lanjut Basrul, Pengalaman mencerminkan rekam jejak yang baik dalam bidang kepemiluan, sementara kecakapan melibatkan pemahaman terhadap peraturan dan kemampuan dalam penadministrasian tugas.

 

“Profesionalisme diartikan sebagai ketaatan pada pedoman dan peraturan, tanpa diskriminasi, sementara tanggung jawab menuntut akuntabilitas dalam setiap tindakan, baik kepada atasan, masyarakat, maupun lembaga terkait,” ungkap Basrul S.AP

 

Semoga proses dan tahapan Pilkada Kabupaten Pali Tahun 2024 berjalan dengan baik, menghasilkan sebuah proses demokrasi yang bermartabat dan sesuai dengan harapan semua pihak.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button