Muba

BPBD Muba Gerak Cepat Tangani Bencana Banjir

Muba, Iniklik.com_ Intensitas hujan yang tinggi khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin pada beberapa hari terakhir ini berdampak pada meluapnya aliran sungai.

Di beberapa kecamatan, debit air sungai yang semakin tinggi meluap hingga ke badan jalan dan merendam pemukiman masyarakat.

Tak ayal, musibah Ayo Nalam (Banjir, red) kini melanda sebagian wilayah di Kabupaten Musi Banyuasin, tercatat sudah sembilan Kecamatan yang terdampak banjir hingga merendam sebanyak 20.262 rumah warga.

Pemkab Muba bersama Forkopimda dan OPD terkait terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba gerak cepat menangani dan mengatasi musibah banjir ini.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh BPBD Muba, diantaranya pendirian Posko Penanggulangan Bencana, pengevakuasian warga, penyiapan armada perahu karet bersama Tim yang siaga di lokasi banjir. Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPBD Muba, Pathi Riduan SE ATD MM.

Dijelaskannya, terkait penanganan musibah banjir ini, pihaknya terus melakukan Koordinasi intensif bersama Forkopimda serta OPD terkait, termasuk dalam hal penyaluran bantuan.

“Untuk bantuan kami satu pintu melalui Camat atas usulan Kades/Lurah sehingga terkontrol dan tidak terjadinya double kecuali ada pihak ketiga yang membantu secara langsung,” ungkapnya, Jum’at (26/01/2024)

Dijelaskannya juga, selain tim yang selalu siaga di lokasi banjir, BPBD Muba juga melakukan monitoring melalui pantauan udara dengan menggunakan drone untuk mengetahui dan mengupdate situasi terkini titik-titik wilayah yang terdampak banjir agar segera dan terus dilakukan penanganan.

“Semua unit perahu karet telah kita fungsikan untuk membantu masyarakat yang terdampak yaitu di wilayah Kecamatan Sanga Desa, Lawang Wetan, Lumpatan, dan GMP. Satu unit kami siagakan khusus untuk keadaan emergency (Darurat, red) misalnya untuk evakuasi masyarakat yang sakit, masyarakat yang rumahnya tenggelam dan anak-anak yang mau sekolah. Kami jg sudah meminta bantuan Basarnas dan BPBD Provinsi untuk peminjaman dan tambahan perahu,” jelas Pathi

Selain terorganisir, gerak cepat BPBD Muba dalam melakukan koordinasi dan upaya-upaya Penanggulangan banjir terlihat sangat totalitas dalam membantu masyarakat yang terdampak.

Kesigapan Pemkab Muba bersama Forkopimda dalam menangani dan meringankan beban warga yang terdampak banjir banyak mendapatkan apresiasi, salah satunya datang dari Ketua DPRD Sumsel saat gelaran Rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kamis (25/01/2024) kemarin.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga
Close
Back to top button