PALI

Sukseskan SNPMB, Pemkab PALI Adakan Diskusi dan Brainstorming

PALI, Iniklik.com_ Sebanyak 370 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Selatan antusias mengikuti kegiatan diskusi dan brainstorming “tips dan jurus jitu masuk perguruan tinggi negeri ternama”, Senin, 30 Oktober 2023 bertempat di gedung Asendora Komperta Pendopo Kabupaten PALI.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini diiktui oleh 200 peserta yang hadir secara luring dan 170 peserta yang hadir melalui zoom meeting. Kegiatan ini menjadi forum penting bagi para peserta didik untuk mendapatkan inspirasi dan kiat sukses dalam menghadapi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di Universitas Negeri ternama di Indonesia.

Helatan yang diinisiasi Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo, M.M. melalui Dinas Pendidikan dan BAPPEDA Kabupaten PALI ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia di Kabupaten PALI. Hal ini merupakan perwujudan dari komitmen beliau dalam pembangunan SDM PALI.

Rohman, S.Pd., M.Pd. selaku plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan menyatakan dalam sambutannya bahwa Kegiatan ini merupakan langkah konkret Pemerintah Kabupaten PALI dalam memastikan para generasi muda di kabupaten PALI memiliki persiapan terbaik untuk masa depannya.

“Melalui kegiatan ini Pemerintah PALI ingin memberikan inspirasi dan kiat sukses kepada para peserta didik di PALI agar mereka mampu bersaing sehat dan mendapatkan keberhasilan dalam SNPMB. Hal ini sangat penting sebagai salah satu langkah guna meningkatkan kualitas SDM kita” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Jhoni S.P., M.M, selaku kepala BAPPEDA kabupaten PALI. Ia berharap agar kegiatan ini dapat memberi memotivasi kepada peserta didik di kabupaten PALI agar semakin giat belajar dan mempersiapkan diri dengan matang guna masa depan yang semakin baik lagi.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, kami berharap para peserta didik PALI mendapatkan dorongan dan semangat baru untuk meraih kesuksesan akademik guna melanjutkan pendidikan dijenjang berikutnya,” sambung Ahmad Jhoni.

Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H. Andre Fajar Wijaya, S.Si., M.Si. CSEP, yang berkesempatan langsung membuka acara ini menyatakan bahwa Kabupaten PALI memiliki sumber daya manusia yang sangat potensial.

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam memaksimalkan potensi sumber daya manusia di PALI. Anak-anak inilah yang akan menjadi pewaris bagi keberlangsungan kita. Oleh karenya, kita semua memiliki kewajiban untuk mempersiapkan generasi PALI yang mumpuni” tukasnya.

Pada kesempatan kali, pemerintah kabupaten PALI mendatangkan langsung Tarida Gita Putri Butar Butar salah satu mahasiswa Universitas Indonesia Jurusan jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang telah berhasil lulus SNPMB pada empat perguruan tinggi negeri ternama sebagai narasumber. Mahasiswa semester tiga UI ini berbagi tips dan jurus jitu kepada para pelajar PALI agar mampu bersaing dalam gelaran SNPMB akan datang.

“saya merasa sangat bangga diundang ke kabupaten PALI dan berbagi pengalaman bagaimana saya mampu lulus SNPMB di empat perguruan tinggi negeri ternama” ujar Gita panggilan akrabnya,

Dalam paparannya, Gita menyampaikan bahwa agar para peserta didik di kabupaten PALI dapat sukses di SNPMB maka haruslah mempersiapkan diri dengan matang, antara lain melakukan pendalaman materi, mengikuti try out (baik berbayar maupun gratis) pembahasan soal SNPMB, serta menyusun strategi dengan cermat.

Ia melanjutkan bahwa persiapan yang ia lakukan saat menghadapi SNPMB sudah dimulai dari kelas XI. Ia biasanya melakukan pembahasan soal paling tidak 5 s.d. 10 soal dalam sehari, biasanya ia berkonsultasi dengan para guru untuk mencari pemecahan pada soal-soal sulit.

Selain itu juga Gita berbagi kiat agar melakukan refleksi diri dengan prinsik IKIGAI “alasan unuk menjadi”. Ia mengajak para peserta kegiatan untuk menganalisis diri masing, apa kelebihan yang dimiliki, materi pembelajaran apa yang paling disukai, hingga jurusan apa yang paling cocok dengan potensi diri para peserta.

“ingat teman-teman, kita harus benar-benar memilih jurusan dengan tetap. Kita harus sesuaikan jurusan yang kita pilih dengan potensi diri kita masing-masing. Hal ini disebabkan karena masa 4-5 tahun kuliah adalah investasi terbaik kalian. Oleh karenanya harus kita persiapkan dengan matang” ajaknya.

Pemaparan materi dengan kemasan kekinian, mulai dari bahasa dan media penyampai materi yang dekat dengan generasi muda, semakin menarik antusiasme para peserta yang mayoritas terdiri dari pelajar kelas XI dan XII SMA sederajat. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan interaktif dari peserta.

“Kami sangat senang pak, dari penyampai narasumber tadi kami mendapat ilmu baru dan motivasi agar bisa juga lulus di SNPMB tahun depan” ujar Adelia Khusnul Khatima (Siswa SMK YPIP TU).

Tak hanya peserta didik, para guru pun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Bahkan para guru berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkala. Hal ini disebabkan karena salah satu faktor penunjang keberhasilan peserta didik lulus dalam SNPMB adalah peran serta guru dan satuan pendidikan.

“Kami banyak mendapatkan inspirasi dan praktik baik dari para narasumber dalam membantu siswa melakukan persiapan menghadapi SNPMB. Mudah-mudahan, kami juga mampu mengantarkan peserta didik PALI agar dapat lulus SNPMB perguruan tinggi ternama kedepannya” pungkas Riyantini Rusminah, S.Pd. (Guru SMA N 2 Unggulan Talang Ubi). (Red)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button