Nasional

Selama di Kota Batu, Seluruh Kepala OPD PALI ‘Diperas’ Otaknya

Kota Batu, Iniklik.com_ Pada Kegiatan Capacity Building Training Aparatur Sipil Negara (ASN) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di Kota Batu Provinsi Jawa Timur, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diperas otaknya.

Pasalnya, kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten PALI melalui BKPSDM yang dimulai sejak tanggal 4 Oktober hingga 7 Oktober 2023 itu diikuti seluruh kepala OPD, Asisten, Staff Ahli dan Camat nyaris tak ada waktu luang untuk beristirahat.

Seperti pada Jum’at 6 Oktober 2023, seluruh OPD mendapat tugas sejak pukul 07.00 Wib hingga menjelang malam dengan mendatangi sejumlah tempat di wilayah Kota Malang dan harus mengupload kegiatan sesuai arahan yang telah diberikan panitia menggunakan aplikasi.

Kegiatan tersebut wajib diikuti seluruh kepala OPD, Staff Ahli, Asisten dan Camat yang dibentuk menjadi tiga kelompok kerja sebagai upaya pemerintah kabupaten PALI dalam meningkatkan kualitas SDM.

Kegiatan di hari ketiga dikawal langsung Sekda PALI Kartika Yanti SH.MH yang mengharuskan seluruh peserta menyelesaikan tugas sampai tuntas.

“Tugas kali ini akan menguras otak dan tenaga. Sebab seluruh peserta wajib mengunduh aplikasi yang telah disiapkan, kemudian mengerjakan tugas sesuai arahan yang ada dalam aplikasi itu,” ujar Sekda.

Pemberian tugas dalam kegiatan Capacity Building Training yang cukup menguras otak dan tenaga itu diungkapkan Sekda untuk mengasah dan menguji kecepatan serta ketepatan kepala OPD dalam mengerjakan tugas sesuai arahan pada aplikasi.

“Tugas seperti itu untuk membiasakan kepala OPD dalam penggunaan digitalisasi. Sebab tugas tersebut melalui aplikasi, dan setelah dikerjakan harus dilaporkan juga melalui aplikasi,” ungkapnya.

Disamping itu, dalam mengerjakan tugas, panitia memberikan batas waktu dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita.

“Pembatasan waktu ini bertujuan untuk peningkatan disiplin waktu kepada kepala OPD agar ketika mendapatkan tugas bisa menyelesaikannya tepat waktu,” imbuhnya.

Sejumlah tugas yang diberikan menurut Sekda ada yang diberikan soal yang harus dijawab dan ada beberapa tempat yang harus dikunjungi, namun saat dilokasi yang ditentukan, peserta harus mengikuti arahan yang ada di aplikasi dan mengkreasikannya.

“Pada tugas ini tujuannya agar peserta harus patuh pada aturan,  kreatif serta memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kemudian dalam mengerjakan tugas, seluruh peserta dibagi tiga kelompok. Hal itu guna menumbuhkan kekompakkan antar OPD,” terangnya.

Sekda berharap setelah digelarnya kegiatan tersebut, kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten PALI dapat meningkatkan kinerja, disiplin, kreatif atau mampu menciptakan inovasi dan bekerja cepat, tepat juga patuh pada aturan yang berlaku,” harap Sekda.

Sementara itu, Kepala BKPSDM PALI Deasy Rosalia menyebut bahwa kegiatan tersebut diikuti 31 peserta terdiri dari Kepala OPD, Staff Ahli, Asisten dan Camat.

“Ada 5 Kepala OPD yang tidak ikut dalam kegiatan ini. Yakni Kepala BAPPEDA, Kepala Dispora  Asisten 1 yang masih ikuti Diklat, Kepala BPKAD dan Kepala Dinas PU,” sebutnya. ***

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button