Lubuklinggau

Awasi Penyaluran Gas LPG 3 Kg Jelang Idul Fitri, Polres Lubuklinggau Sidak Pangkalan

Lubuklinggau, Iniklik.com_ Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Tim Satuan Reskrim Pidsus Polres Lubuklinggau menggelar operasi surprise di agen dan pangkalan penyalur Gas LPG 3 kilogram (Kg) di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, melalui Kanit Pidsus Ipda M. Dodi Rislan, mengungkapkan hal ini kepada media pada Minggu (31/03/24).

 

“Hari ini, Tim Pidsus Polres Lubuklinggau memberikan peringatan kepada agen dan pangkalan penyalur Gas LPG 3 Kg untuk tidak menjual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkap Dodi.

 

Dodi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rutinitas Satuan Reskrim Polres Lubuklinggau dalam menghadapi masalah kelangkaan dan kenaikan harga Gas LPG 3 Kg, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah.

 

“Kebutuhan akan Gas LPG 3 Kg meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah, sehingga kami melakukan operasi ini,” ujar Dodi.

 

Hasil operasi menunjukkan beberapa pangkalan penyalur Gas LPG 3 Kg dan toko kelontongan yang mendapat peringatan dan pendataan karena menjual di atas HET yang telah ditetapkan pemerintah.

 

“Harga resmi di pangkalan Rp 15.650 per tabung, namun dijual kepada masyarakat dengan harga Rp 20.000 – Rp 25.000. Ada juga indikasi penyaluran ke toko-toko kelontongan dengan harga Rp 30.000 – Rp 35.000 per tabung,” jelas Dodi.

 

“Sidang hari ini berupa peringatan dan pendataan terhadap pangkalan dan toko kelontongan yang terindikasi melanggar HET yang telah ditetapkan pemerintah,” tambahnya.

 

Dodi juga menegaskan bahwa jika pelanggaran tersebut masih terjadi pada operasi berikutnya, tindakan hukum dan pencabutan izin usaha akan dilakukan dengan tegas. (Red)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button