PALI

Ini Harapan Wabup dan Ketua KPU Kepada 213 Anggota PPS Dilantik 

PALI, Iniklik.com – Sebanyak 213 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 71 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), resmi dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario, SE. Selasa, (24/01/2023), di Gedung Pessos Komperta Pendopo, kecamatan Talang Ubi

Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), menyampaikan sejumlah harapannya kepada Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang baru dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten PALI untuk bertugas di Pemilu 2024 mendatang.

Dia mengharapkan, anggota dapat bersama-sama dengan Pemerintah dalam melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin demi menyukseskan Pemilu 2024. ” Harus diperlukan sinergi antar seluruh pihak terkait, sehingga dapat mengantarkan orang-orang terpilih nantinya untuk menjalankan roda pemerintahan dimasa yang akan datang,” harapnya

Wabup melanjutkan, pada tahun 2024 nantinya akan dilaksanakan pemilihan serentak mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif hingga kepala daerah. Karena Anggota PPS merupakan ujung tombak terlaksana nya pemilihan 2024 mendatang 

“Mari bersama-sama dengan pemerintah untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan menyatukan tujuan yang sama, yakni memajukan kesejahteraan masyarakat dalam membangun Kabupaten PALI untuk semakin maju, Karena Anggota PPS merupakan ujung tombak terlaksana nya pemilihan 2024 mendatang.” Tambahnya

Selain Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, tampak  hadir juga dalam acara tersebut , Koramil Talang Ubi, Anggota KPU Sumsel H. Hasyim, Kapolres PALI, Perwakilan Kejari PALI, Keempat Komisioner KPU PALI, Komisioner Bawaslu PALI, Basrul dan Iwan Dedi, serta sejumlah kepala OPD dan Kepala Desa lingkup kabupaten PALI.

Terpisah Ketua KPU Sunario SE usai melantik 213 anggota PPS, mengatakan tahapan Pemilu sudah dimulai tanggal 14 Juni 2022 lalu, Selama 20 bulan sejak ditetapkan tanggal 14 Juni tahun lalu, tahapan pemilu sudah berjalan hingga nantinya pada proses pemungutan suara,” kata Sunario.

Lebih lanjut Sunario juga mengatakan bahwa para anggota PPS yang dilantik nantinya bertugas untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif, Pilpres, Hingga Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2024.

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan bahwa setelah dilantik selama tujuh hari ke depan anggota PPS mempunyai tugas untuk membentuk sekretariat PPS di masing-masing desa dan kelurahan.

“Sejak hari ini hingga tujuh hari ke depan sudah terbentuk sekretariat PPS. Sekretariat PPS nantinya membantu teman-teman PPS dalam bekerja, mengelola administrasi, kegunaan keuangan dan lainnya,” urai Sunario seraya berkata untuk menyiapkan orang untuk panitia pemutakhiran data pemilih.

Dalam kesempatan itu juga, mantan aktivis HMI itu juga berpesan kepada anggota PPS untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan kepala desa atau lurah setempat dalam pembentukan Sekretariat PPS.

“Sekretariat PPS diusulkan oleh PPS melalui PPK ke KPU Kabupaten PALI. Namun tetap, harus koordinasi dengan pemerintah setempat dalam proses pembentukannya. Untuk itu, Anggota PPS dan pemerintah setempat jangan ribut, koordinasi dengan pemerintah penting dan harus dijaga,” kata Sunario.

Ia menambahkan ada tiga macam tugas KPU, yaitu memastikan setiap pemilih terdaftar, menetapkan peserta pemilu dan proses pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 mendatang. “Peserta pemilu adalah partai politik. Dan jumlahnya kini sebanyak 18 parpol. Dimana pada 14 Desember lalu ditetapkan 17 Parpol, namun adanya gugatan dari salahsatu parpol kemudian bertambahlah menjadi 18 Parpol,” ungkapnya.

Sunario mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang sudah dilantik. Laksanakan tugas secara profesional berdasarkan fakta integritas yang sudah diikrarkan tadi.“ Bekerjalah secara profesional, laksanakan semua tahapan serta laksanakan fakta integritas yang sudah diikrarkan tadi. Mari bersama kita wujudkan Pemilu yang aman, damai dan berintegritas,” pungkasnya. (Red)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button