PALI

Kapolres PALI MoU Dengan BAPAS Kelas II Lahat Kemenkumham Sumsel

PALI – Kapolres PALI, AKBP Efrannedy, S.I.K, M.A.P, melaksanakan kerjasama MoU dengan Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Lahat Kemenkumham Sumsel pada Selasa (20/12/2022) siang.

Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut, dilaksanakan di Ruang Rapat Vicon lantai dua Polres PALI, yang dihadiri oleh Kasat Reskrim Polres Pali, Iptu Yudhistira, S.Tr.K, S.I.K, dan sejumlah pejabat Utama Polres Pali.

Penandatanganan Perjanjian Memorandum of Understanding itu, dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif dengan berbagai program, termasuk penyuluhan hukum dan dukungan pemberantasan peredaran gelap Narkoba.

Kapolres PALI, AKBP Efrannedy, S.I.K, M.A.P., menyatakan dukungan sepenuhnya serta membantu Bapas Lahat dalam menciptakan situasi aman dan kondusif dengan berbagai program yang ada nantinya, termasuk di dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten PALI.

“Jajaran Polres PALI, terutama Sat-Binmas siap membantu Bapas Lahat di dalam pengawasan terhadap warga binaan ketika kembali ke kampung halaman untuk menjadi lebih baik dan dapat diterima kembali ditengah masyarakat,” Kata Kapolres PALI.

Dijelaskannya, Polres PALI akan bantu Bapas melaksanakan pengawasan terhadap WBP yang mendapatkan asimilasi, ini peran Kapolsek dan Babinkamtibmas yang melekat dengan warganya, dan akan langsung koordinasikan jika ada pengulangan dari klien pemasyarakatan.

Selain itu, Kasat Reskrim Polres PALI, IPTU,Yudhistira,STrK.,S.I.K.,menegaskan,bahwa sinergitas ini sangat penting untuk saling bersinergritas dan berkolaborasi dalam rangka saling mendukung kelancaran tugas kedua instansi.

” Terlebih apabila menangani perkara Anak Berkonflik dengan Hukum (ABH) pasti akan berkoordinasi dengan pihak Bapas Lahat, guna penyelesaian perkaranya dengan asas restoratif justice sesuai amanat Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak,” tegas Iptu Yudhistira.

Sementara itu, Kepala Balai Pemasyarakatan Lahat, Perimansyah menerangkan, BAPAS merupakan Petugas pemasyarakatan yang melaksanakan penelitian kemasyarakatan, pendampingan, pembimbingan, dan pengawasan terhadap klien baik didalam maupun di luar proses peradilan pidana.

Dimana asimilasi ini pihak Bapas Lahat memberikan pembinaan kepada narapidana dan anak didik pemasyarakatan yang dilaksanakan dengan membaurkan narapidana dan anak didik pemasyarakatan dalam kehidupan masyarakat.

“Terima kasih kepada Kapolres PALI, atas dukungan dan kerjasama selama ini, Untuk itulah kami mohon bantuan informasi jika ada gangguan atau pelanggaran hukum yang masih dalam bimbingan BAPAS Lahat,” ucapnya usai melaksanakan kerjasama itu. (Red)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button