PALI

Festival Sagarurung 2024, Menyatukan Koperasi dan UMKM untuk Penguatan Ekonomi Lokal

PALI, Iniklik.com- Pada Kamis, 25 Juli 2024, Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyelenggarakan Festival Sagarurung di Gelora November sebagai bagian dari perayaan Hari Koperasi Nasional ke-77.

Acara ini tidak hanya merayakan koperasi tetapi juga berfungsi sebagai platform strategis untuk memperkenalkan dan mengembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Festival Sagarurung menampilkan keberagaman produk UMKM dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan, menyoroti kekayaan dan inovasi yang ada dalam sektor UMKM.

Para peserta bazar pameran memperkenalkan berbagai produk unik dan kreatif, mulai dari beras organik, keripik, bandrek jahe pinang, hingga kopi dan maggot.

Salah satu sorotan acara ini adalah partisipasi PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4, yang memperkaya festival dengan produk-produk dari mitra binaan UMKM mereka.

Tuti Dwi Patmayanti, Head of Comrel & CID PHR Zona 4, menekankan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal.

“Sebagai perusahaan Hulu Migas, PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 senantiasa berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat. Kami berharap partisipasi kami dalam Festival Sagarurung ini dapat memberikan semangat dan mendorong pengenalan produk mitra binaan, sekaligus meningkatkan perekonomian lokal,” ujar Tuti.

Selain itu, tiga lapangan dari PT Pertamina turut serta dalam festival ini: PT Pertamina EP Pendopo Field, PT Pertamina Adera Field, dan PT Pertamina OKRT Field. Mereka memamerkan berbagai produk UMKM berkualitas dengan potensi besar untuk pasar lokal.

Festival Sagarurung tidak hanya merayakan pencapaian koperasi, tetapi juga berfungsi sebagai ajang vital untuk mendorong dan mendukung UMKM, menampilkan sinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam memperkuat ekonomi lokal. (Habibi)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button