PALI

Antisipasi Tingginya Kedalaman Air, Polsek Tanah Abang Pantau Volume Air Sungai

PALI, Iniklik.com,_ Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Tanah Abang AKP. Zaldi, SH. M.Si diwakili Kanit Intelkam dan Bhabinkamtibmas Bripka Beni Arsal monitoring dan pengecekan banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (11/03/2023) sekira pukul 09.40 Wib

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin diwakili Kapolsek Tanah Abang AKP. Zaldi,
menjelaskan monitoring / pengecekan banjir di Desa Curup dan Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI

Dari hasil pengecekan dan monitoring hari ini Sabtu kedalaman volume air
Desa Curup Kecamatan Tanah Abang
kedalaman volume air berkisar 70 Cm s/d 95 Cm, adanya penambahan / bertambahnya volume kedalaman air pada malam hari Jumat tanggal 10 Maret 2023 kedalaman masih berkisar 50 cm s/d 70 Cm.

Fasilitas SD N 8 Tanah Abang yang berada di Desa Curup Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI masih aman dari banjir / halaman sekolah belum terendam.

“Pemukiman / Rumah warga di Desa Curup Kecamatan Tanah Abang mayoritas merupakan rumah panggung rumah tinggi bertiang,” jelas Kapolsek AKP Zaldi mewakili Kapolres PALI

Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang :
Pada hari ini banjir aliran sungai lematang mulai masuk dengan kedalaman volume air berkisar 30 Cm s/d 40 Cm,

Halaman sekolah SD N 16 Tanah Abang yang berada di Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI kedalaman volume air berkisar 20 cm s/d 40 Cm,

“Pemukiman / Rumah di Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang mayoritas merupakan rumah panggung rumah tinggi bertiang,” ujar Kapolsek Tanah Abang.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan Banjir yang sudah memasuki halaman / Pekarangan rumah warga Desa Curup, Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang merupakan luapan air dari aliran sungai lematang akibat dari intensitas hujan yang tinggi.

Terdapat 10 (sepuluh) Desa dalam wilayah Kecamatan Tanah Abang yang letaknya berada di pinggiran Sungai Lematang adalah : Desa Bumi Ayu, Desa Tanah Abang Selatan, Desa Tanah Abang Utara, Desa Muara Sungai, Desa Curup, Desa Sukaraja, Desa Sedupi, Desa Tanjung Dalam,
Desa Pandan, Desa Modong.

Dari ke 10 (sepuluh) Desa dalam wilayah Kecamatan Tanah Abang yang letaknya berada di pinggiran Sungai Lematang sudah terdapat 2 (dua) Desa yang mulai terkena banjir yaitu Desa Curup dan Desa Sukaraja,” kata AKP Zaldi yang ramah tamah ini kepada wartawan

Pada saat ini diwilayah hukum Polsek Tanah Abang memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi, tidak menutup kemungkinan 10 (sepuluh) Desa yang berada di pinggiran sungai lematang dalam wilayah kecamatan Tanah Abang akan terkena Banjir.

Banjir diwilayah Desa Curup dan Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang merupakan banjir kiriman / hujan intensitas tinggi dari daerah hulu sungai Lematang (banjir kiriman dari daerah kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim).

Sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kecamatan Tanah Abang agar membuat Posko Banjir di Desa Curup dan Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI

Telah dibentuk Posko Banjir di Desa Curup yang berada di Kantor Kepala Desa Curup Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI yang terdiri dari, Pihak BPBD Kabupaten PALI, Pihak Kecamatan Tanah Abang, Pihak Polsek Tanah Abang, Pihak Puskesmas Tanah Abang, dan Pemerintah Desa Curup.

“Mengingat banjir mulai hari ini Sabtu tanggal 11 Maret 2023 banjir sudah mulai memasuki halaman warga dan Sekolah Dasar (SD) di Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI agar kiranya Instansi Terkait membuat Posko Antisipasi banjir,” tuturnya

Selain itu Kapolsek AKP Zaldi mengungkapkan, agar kiranya pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten PALI dan instansi terkait bisa menyalurkan Bantuan Sembako untuk warga Desa Curup dan Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang yang terdampak banjir tersebut.

Langkah-langkah yang telah dilakukan Polsek Tanah Abang terus melakukan monitoring dan Dokumentasi dari awal situasi banjir yang mulai masuk di pekarangan / halaman pemukiman warga Desa Curup dan Desa Sukaraja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, dan tetap monitoring dan pengecekan volume kedalaman air aliran sungai lematang.

Melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Curup, Desa Sukaraja dan Pihak Kecamatan Tanah Abang serta Pihak BPBD Kab. Pali untuk penanggulangan banjir tersebut.

“Akan tetap monitoring dan pengecekan terkait banjir dan volume air aliran sungai lematang di wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI. kegiatan tersebut selesai dilaksanakan pukul 10.30 Wib berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” tutup Kapolsek Tanah Abang AKP Zaldi.

(Red)

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button